Materi pembelajaran Akuntansi

Published Oktober 4, 2012 by ika11fatmahwati

Materi pembelajaran Akuntansi

A. Pengertian Akuntansi
1. Menurut American Accounting Association (AAA) :
Accounting is the process of indentifying, measuring and communicating economic information to permit information judgment and decisions by users of the information.
Akuntansi adalah proses mengidentifikasi/mengenali, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

2. Menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) : Accounting is the art recording, classifying and summarizing in a significant manner and ini terms of money, transaction and events which are, in pert at least, of financial character, and interpreting the results there of.
Akuntansi adalah seni dari pencatatan, penggolongan, peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam uang, transaksi-transaksi dan kejadian-kejadian yang setidak-tidaknya bersifat finansial dan penafsiran diri pada hasil-hasilnya.

B. Proses Akuntansi Sebagai Sistem Informasi
Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan, bahwa :
1. Masukan (input) akuntansi sebagai sistem informasi adalah informasi ekonomi dari kegiatan (transaksi) organisasi ataupun perusahaan.
2. Masukan tersebut diolah melalui proses identifikasi, pengukuran, dan pelaporan unruk menghasilkan keluaran (output) yang berupa informasi atau laporan keuangan. Proses inilah yang akan kita bahas dalam bab-bab mendatang.
3. Keluaran tersebut digunakan sebagai penunjang pengambilan keputusan bisnis oleh pemakai informasi tersebut.

C. Kegunaan Akuntansi
1. Bagi Pihak Intern
Akuntansi berguna untuk:
a. Perencanaan
Berdasarkan informasi ekonomi yang tepat, dapat disusun rencana yang baik untuk tingkat berikutnya.
b. Pengendalian
Berdasarkan rencana dan penerapan sistem akuntansi yang baik, dapat mengontrol/ menilai jalannya peruahaan.
c. Pertanggungjawaban
Periode akuntansi diadakan dalam suatu pencatatan semua transaksi dan kejadian dan pada akhir periode disusunlah laporan keungan untuk disampaikan kepada pemilik atau pihak ekstern lain untuk mendapatkan penilaian.
2. Secara Umum
Akuntansi sebagai alat bantu untuk mengambil keputusan ekonomi dari pihak yang memerlukan.

Tinggalkan komentar